Laman

7.2.12

Beda Talak Manusia dengan Talak Allah SWT

  Kemarin waktu ane bincang-bincang sama babe lebih tepatnya diberikan wejangan tentang agama,untuk memperdalam ilmu agama. Banyak sekali diberikan petuah-petuah yang begitu bijak salah satunya talak...dalam kehidupan ini kita telah mengenal talak, talak merupakan ucapan perceraian dari sepasang suami istri. Misal, seorang suami mengucapkan kata "Kita bercerai.." maka ini yang dinamakan talak. Talak yang pertama kali diucapkan oleh salah satu pasangan suami istri ini disebut talak 1 ( dalam islam sudah dikatakan bercerai tapi pasangan masih bisa rujuk lagi). Talak yang kedua disebut talak 2 (juga masih dihalalkan bisa rujuk kembali) Kalau talak 3, adalah ucapan perceraian yang ke-3 pada pasangan suami istri yang dulunya pernah mengucap talak 1 dan talak 2 dengan akhir rujuk. Jika pasangan ini salah satunya menjatuhkan talak 3 maka keduanya secara Islam benar2 sudah bercerai. Pasangan ini tidak dapat rujuk kembali dan diharamkan untuk melakukan pernikahan yg kedua kalinya. Bila ingin kembali dengan pasangannya tersebut, salah satu atau keduanya harus pernah menikah dengan orang lain yg mana hubungan rumah tangga dengan orang lain tersebut berakhir dengan perceraian pula. 

   Dalam hal ini talak manusia antar manusia masih bisa kita pahami dan mengerti , bagaimana kalau Allah SWT bisa memberikan kata talak kepada kita? Allah SWT sama halnya dengan kita (manusia) cuma pembedanya talak dari Allah SWT adalah antara Tuhan dan umat-NYA.
Apabila Allah SWT mengatakan talak 1, Allah SWT memberikan kita sebuah sakit yang masih dalam tahap normal masih bisa sembuh dalam waktu dekat (dalam hal ini kita diperingatkan untuk ingat kepada Allah SWT). jika kita mendapatkan talak 2, Allah SWT memberikan sakit yang berkepanjangan sehingga prosentase untuk sembuh sangat tipis disini kita masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk bertobat sehingga Allah SWT  bisa memberikan mukjizat untuk mendapatkan kesembuhan. Dan talak 3, merupakan talak yang mau tidak mau kita hadapi... talak 3 Allah SWT untuk manusia adalah dengan dicabutnya nyawa kita, jadi kita tidak diberi tahu kapan kita akan mati, apakah dengan ditalak 3 oleh Allah SWT bekal kita sudah cukup untuk hidup di alam barzah? bila Allah berkata talak 3 kepada kita...kita hanya pasrah karna kita tidak ada kesempatan lagi untuk memperbaiki, hal yang kita bawa hanyalah amal perbuatan kita selama di dunia ini.

   Jadi sebelum Allah SWT berkata talak 3 kepada kita ada baiknya kita memperbaiki iman dan sholat kita wahai sodaraku-sodaraku. Perdalamlah ilmu agama pertebal iman dan takwa kita, Insya Allah kita diberikan tempat yang layak oleh Allah SWT, Amiiiiiiin.

NB : maaf kalo kata-kata yang ane pakai berantakan, sebenarnya kata-kata babe ane lebih mengetuk hati tapi ane belum bisa membuat kata-kata yang menyentuh. ane cuma mengambil intisari dari perkataan babe ane :D semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar